Sanatha Widya Dharma

Manfaat Tirtha yang Luar Biasa Dalam Aktivitas Kehidupan Manusia Di Dunia



Om Swastyastu,

Bentuk molekul air setelah diberi mantera


Selamat pagi semeton KatibambungBlog, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semeton selalu bahagia jiwa dan raganya. Sekarang KatibambungBlog akan membagikan informasi yang bisa saja berguna untuk kita semua, dan tenang saja informasi yang KatibambungBlog sampaikan dijamin akurat walau terkadang meracuni pikiran, sebab KatibambungBlog bukan penebar berita Hoaxs apalagi hasil copas demi trafik blog yang ramai...hehe

KatibambungBlog mau tanya, siapa yang sering ke pura? Maksudnya ke pura untuk sembahyang sebagai tujuan utamanya, bukan malah selfi ataupun memohon ‘sesuatu’...Ehh
Bila semeton KatibambungBlog sembahyang ke pura dan diakhir sesi persembahyangan pasti mendapatkan tirtha, tapi tahukah apa manfaat tirtha (metirtha) untuk kita? 

Nah sebelum membahas manfaat ada baiknya kita bahas dulu apa itu tirta.

 Bagi semeton KatibambungBlog yang belum tahu apa itu tirtha, dalam Kamus Bahasa Lumrah “Tirtha” memiliki arti antara lain : pemandian atau sungai, kesucian atau setitik air, toya atau air suci, sungai yang suci, mengunjungi tempat-tempat suci, dan permandian. Bila disimpulkan kata tirtha mempunyai makna menyucikan atau membersihkan, dalam konteks ini tirtha adalah penyucian atau pembersihan menggunakan media air. Tirtha ada banyak macamnya berdasarkan cara memperolehnya yaitu tirtha yang dibuat oleh sulinggih (orang suci) khususnya  hanya untuk tirtha pembersihan (tirtha dasar sebelum menggunakan berbagai tirta yang lainnya), selanjutnya tirtha yang didapatkan melalui jalan memohon (nuur) yang sering disebut tirtha wangsuhpada, kekuluh atau banyun cokor. Dalam setiap upacara panca yadnya pasti menggunakan tirtha, jenis-jenis tirtha antara lain tirtha pembersihan, tirtha panglukatan, tirtha prayascita, tirtha pabyakala, tirtha penglukatan, tirtha pecaruan, dan masih banyak jenis tirtha lainnya berdasarkan upacara yadnya yang sedang dilangsungkan, mungkin sobat mau menambahkan?
Bahan utama dan mendasar dari tirtha adalah air. Tetapi bukan sembarang air karena sebelum air bisa disebut tirtha harus melalui proses baku yang sering disebut dengan Ngajum Tirtha.Tetapi secara umum tirtha bisa dikatakan adalah air yang diberi mantra oleh orang suci (sulinggih) dan dipergunakan dalam upacara panca yadnya.


Manfaat air bagi tubuh manusia


Bila semeton katibambungBlog amati, penggunaan air dalam kegiatan agama bukan hanya ada dalam aktifitas keagamaan Hindu saja, misalnya saja umat kristen menggunakan air dalam pembaptisan (CMIIW). Selain itu bagi saudara kita yang pergi ke arab untuk naik haji juga sering mencari air zam-zam yang dikatakan air suci (IMHO), entah kata siapa tapi yang sering KatibambungBlog dengar seperti itu. Umat Budha juga menggunakan air dalam kegiatan persembahyangannya misalnya saat perayaan waisak.

Penggunaan air (Tirta) dalam aktifitas keagamaan (Hindu di Bali) memegang peranan yang cukup besar sebab setiap tahapan upacara pasti memiliki kandungan airnya (Tirtha), mempersembahkan sesajen menggunakan tirtha, selesai sembahyang juga pasti memohon tirtha, ia kan?

Tirtha (metirtha) yang kita dapatkan seusai sembahyang bukan hanya sekedar air yang diperoleh dari sumber mata air kemudian diberi mantra tanpa khasiat apapun. Tetapi menurut peneliti DR. Massaru Emoto di jepang sudah pernah dilakukan penelitian yaitu Beliau mengumpulkan berbagai jenis air yang sudah diberi mantra (=tirtha) dari berbagai jenis aliran kepercayaan di Jepang dan hasilnya berdasarkan pengamatan menunjukkan bahwa air yang diberi kata-kata yang baik (mantra) molekul-molekul air dari yang awal bentuknya tak beraturan berubah bentuk menjadi padma sempurna atau segidelapan.


Bentuk molekul air setelah diberi mantera
Ilustrasi molekul air

Selanjutnya dilakukan lagi percobaan dengan air yang berbeda dan diberi kata-kata buruk (caci makian) maka bentuk molekul air tersebut menjadi kacau. Bukan hanya kata-kata tetapi musik juga berpengaruh pada molekul air, musik klasik yang tenang akan membentuk molekul yang sempurna sedangkan musik aliran keras atau cadas akan menghancurkan molekul air. Molekul air yang sempurna (berbentuk padma) memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan sebab air juga bisa menjadi media penyembuhan yang efektif tanpa efek samping. Bagi semeton KatibambungBlog yang sering berobat ke dokter tradisional (Balian) pasti sudah tak asing lagi dengan air yang digunakan sebagai bagian dari obat. Tentunya air yang diberikan Balian bukan air sembarangan..berbeda dengan air kemasan merk rindu water yang katanya memiliki khasiat penyembuhan yang entah sumber airnya dari mana, dari pada minum yang gak jelas lebih baik rajin sembahyang ke Pura kan sudah pasti dapat Metirtha dan jelas manfaatnya..

Saya ingin mendapatkan manfaat air seperti manfaat tirtha, adakah cara lain selain memperolehnya di Pura atau melalui Balian?” jawabannya ada, tetapi khasiatnya tak se dahsyat Tirtha. Air itu bersifat sensitif yang artinya air akan merespon setiap kata yang kita ucapkan. Doa juga mampu mengeluarkan energi positif yang mampu mengubah kualitas air. Apabila mengucapkan kata-kata positif ke air maka molekul air tersebut akan berbentuk kristal padma. Perlu keahlian untuk melakukan hal ini hingga mampu mengubah kualitas air.Terutama bagi semeton yang sering mencaci maki orang lain, main fitnah, suka berkata bohong…mungkin saja oknum calon peserta pilkada yang suka umbar janji makin sulit…wkwkw

Untuk mendapat manfaat air yang memiliki molekul padma, Caranya kata-kata yang kita ucapkan dalam bentuk kalimat yang sudah terjadi misalnya “Saya sudah punya pacar”, ya walaupun kenyataannya masih jomvlo, atau seandainya semeton KatibambungBlog sedang sakit harus mengucapkan “Saya sudah Sehat”. Singkatnya, kalimat yang diucapkan dalam bentuk past tense (sudah terjadi) bukan kalimat permohonan atau permintaan. Bukan berarti kalimat permohonan itu buruk, tetapi akan lebih baik dalam bentuk kalimat ucapan terimakasih atau yang sudah terjadi...haha bingung kan?

Nah Gimana semeton KatibambungBlog, selama ini belum sadarkan betapa besarnya khasiat tirtha ?? tulis dikolom komentar ya, siapa tau semeton punya kisah lain atau ilmu tentang tirtha jadi bisa sharing pada KatibambungBlog dan semeton lainnya....

Jangan Sampai Kelewatan, Bisa Baca Ini Dulu:

Istri Ideal Menurut Nitisastra, Apakah Pasanganmu termasuk Istri Ideal? 

Kriteria Wanita Ideal Menurut jawa Kuno

Perjodohan Menurut Wariga Berdasarkan hari Kelahiran 

0 Response to "Manfaat Tirtha yang Luar Biasa Dalam Aktivitas Kehidupan Manusia Di Dunia"

Posting Komentar

Mari berdiskusi yang sehat :)